MEMPERINGATI HARI LAHIR PANCASILA 1 JUNI

Hari ini tanggal 1 Juni bertepatan dengan peringatan Hari Lahir Pancasila. Peringatan ini pada beberapa minggu terakhir ramai diperbincangkan karena Presiden Jokowi berencana menetapkannya sebagai hari libur nasional.

Hari Lahir Pancasila ditetapkan merujuk pada judul pidato Presiden RI pertama Soekarno dalam sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI atau Dokuritsu Junbi Cosakai) pada tanggal 1 Juni Tahun 1945. Dalam pidato itulah lahir konsep dan rumusan awal Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

Menteri Dalam Negeri RI Tjahjo Kumolo mengatakan Hari Pancasila ini sebagai hari bersejarah yang harus diketahui oleh seluruh masyarakat Indonesia. Menurutnya, pemahaman terhadap Pancasila dapat mempererat kehidupan berbangsa.

"Inti daripada butir-butir Pancasila wajar kalau diperingati. Bagian daripada pondasi bangsa kita sebagai bangsa yang menghargai para pahlawan, para pendiri bangsa ini. Ya saya kira wajar kalau akhirnya masyarakat lewat tokoh ormas menjadikan 1 Juni sebagai Hari Pancasila yang bersejarah bagi bangsa ini," tutur Tjahjo Selasa (31/5) kemarin.

Tjahjo menyebut, Hari Lahir Pancasila bukan soal apakah akan ditetapkan sebagai hari libur atau tidak, yang terpenting adalah bagaimana masyarkat memaknai Pancasila saat ini.

"Ini bukan soal libur dan tidak, tapi memperingati saja. Soal libur atau tidak itu sudah keputusan Presiden," tegasnya.

Juru Bicara Presiden Johan Budi SP mengatakan, keputusan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila itu akan diumumkan langsung oleh Jokowi pada hari ini.

"Penetapan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila diputuskan besok (hari ini -red) melalui Keppres. Soal apakah 1 Juni itu libur nasional atau tidak saya masih belum tahu. Saya belum dapat informasi," kata Johan Budi di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (31/5/2016).

Sementara, Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta agar semua instansi baik pemerintah maupun pihak swasta untuk ikut memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni dengan upacara hari ini.

"Pertama, 1 Juni harus diperingati ya, dimulai dengan semua instansi pemerintah dan swasta harus upacara bendera," ujar Wakil Presiden Jusuf Kalla di kantor Wapres.

Meski belum diputuskan apakah 1 Juni akan menjadi hari libur nasional. JK berharap agar pelaksanaan upacara bendera ini wajib untuk dilaksanakan di kantor-kantor pemerintah, bahkan porsinya mungkin sama seperti upacara 17 Agustus.

"Belum (diputuskan menjadi hari libur nasional) setidak-tidaknya sampai hari ini tapi yang penting peringatannya Peringatannya sama dengan 17 Agustus kan," kata JK.

Sumber: https://news.detik.com/berita/3222386/selamat-hari-lahir-pancasila-1-juni
Image: http://www.kemendagri.go.id/news/2016/05/31/kemendagri-peringati-hari-lahir-pancasila

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment