PERINGATI HARDIKNAS, GOOGLE TAMPILKAN KI HADJAR DEWANTARA

 National Education Father - Ki Hadjar Dewantara
Tanggal 2 Mei ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional atau disingkat Hardiknas di Indonesia. Google turut memperingatinya dengan memajang gambar Ki Hajar Dewantara. Sosok Ki Hajar Dewantara dipajang sebagai gambar doodle di halaman pembuka Google Indonesia. Jika diklik, pengakses akan mendapatkan banyak informasi mengenai sosok pahlawan pendidikan tersebut.

Hardiknas memang bertepatan dengan ulang tahun Ki Hajar Dewantara. Dia adalah pahlawan nasional yang menjadi pionir dunia pendidikan di negeri ini. Pada masa hidupnya, Ki Hajar mendirikan institusi pendidikan Taman Siswa yang masih bertahan sampai sekarang.

Sosok yang lahir di Yogyakarta ini juga terkenal dengan semboyannya, ing ngarso sung tulodo, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani. Jika diterjemahkan kurang lebih di depan memberi teladan, di tengah membangun kerja sama dan di belakang memberi dorongan.

"Memperingati ulang tahunnya yang ke 126, Ki Hajar Dewantara muncul di homepage Indonesia kami sebagai penghormatan terhadap perjuangannya di era kolonial agar semua orang Indonesia mendapatkan pendidikan," demikian pernyataan Google.

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment