Anggaran Pendidikan Sumut Rp 2 Triliun


Alokasi anggaran pendidikan yang berasal dari Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) APBN untuk Sumut tahun 2009 sebesar Rp2 triliun. Jumlah ini naik secara signifikan dibandingkan tahun sebelumnya yakni Rp1,2 triliun.

"DIPA APBN Rp 2 triliun itu belum mencakup anggaran pendidikan dari APBD mencapai Rp700 miliar,” ujar Plt Kadis Pendidikan Sumut, Drs Delta Pasaribu MPd melalui Kasubdin Bina Program Dinas Pendidikan Sumut, Rosmawaty Nadeak di Kantor Disdiksu, Kamis (29/1) kemarin.

Menurutnya, kenaikan paling besar terjadi pada alokasi anggaran untuk dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang mencapai Rp1,06 triliun. Hal itu disebabkan meningkatnya dana BOS.


Tahun sebelumnya, dana BOS bagi siswa Sekolah Dasar (SD) dari sebesar Rp254 ribu per siswa per tahun menjadi Rp397 ribu bagi siswa kabupaten, sedangkan siswa yang di kota, mencapai Rp400 ribu.

Sementara siswa SMP di kabupaten dari Rp 354 ribu, naik menjadi Rp 570 ribu untuk daerah kota lebih tinggi sedikit yakni Rp 575 ribu.

Jumlah alokasi terbesar kedua setelah dana BOS, kata Rosmawaty, program peningkatan mutu tenaga kependidikan sebesar Rp 609 miliar. Peningkatan jumlah anggaran ini disebabkan karena berbagai program seperti tunjangan fungsional, tunjangan profesi, tunjangan guru untuk daerah khusus, tunjangan kualifikasi, dan tunjangan akhir masa bakti.

"Sisanya terbagi bagi dalam program- program pendidikan lainnya seperti pendidikan menengah umum, pendidikan kejuruan, pendidikan luar sekolah (PLS), dan lainnya. Namun, jumlahnya relatif lebih kecil," terangnya.

Menurut Rosmawaty, anggaran yang disalurkan ke Sumut beberapa di antaranya akan juga ikut disalurkan ke Kabupaten kota sesuai dengan platform yang sudah ditetapkan. Namun, ada juga yang dikelola Dinas Pendidikan Provinsi.

Anggaran yang akan disalurkan ke dinas pendidikan kabupaten kota seperti bantuan keuangan untuk rehab sekolah dan bantuan siswa. Namun, alokasinya belum diputuskan, sebab masih dalam pembahasan.

Sedangkan anggaran pendidikan dari APBD Sumut sebesar Rp700 miliar, Rosmawaty mengaku belum bisa merinci lebih jelas. Sebab dari anggaran itu mencakup di antaranya program pendidikan di Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora).

"Kita berharap dengan peningkatan anggaran ini, kualitas pendidikan di Sumut bisa meningkat tahun ini," jelasnya.

Text by: Swisma
Source:
www.harian-global.com, Posted: Friday, 30 January 2009 07:45
Photo courtesy: www.pennypac.com

Comments
3 Comments

3 comments:

1/31/2009 7:57 PM Johnvic P Lukman (Sos1991) said...

Semoga anggaran pendidikan terpakai ditempat yg benar, sehingga pendidikan di Sumut maupun di Indonesia semakin maju, karena dengan dana yg besar biasanya akan semakin terdongkrak mutu pendidikan. Asalkan jgn anggaran yg besar ini menjadi lahan empuk para tikus berdasi he he.....

2/01/2009 7:50 AM Darwis N. (Alum.1991 Fis) said...

Dengan anggaran sebesar ini, semoga pendidikan di Sumut akan bertambah maju!

2/01/2009 8:36 AM Wannan (Alum.1992, Fis.) said...

semoga di salurkan dengan benar sehingga pendidikan di SUMUT bisa makin maju dan juga menciptakan sdm yang bagus sehingga kota sumut kita ke depan nya bisa lebih maju dari pada kota kota lainnya ...

Post a Comment