恭 賀 新 禧


Tahun Baru Imlek 2560 yang dimulai hari ini merupakan sistem penanggalan kalender Tionghoa atau lunisolar, yaitu gabungan dari sistem kalender bulan dan kalender matahari. Tahun Baru Imlek dikenal juga sebagai Tahun Baru China dan Festival Musim Semi (Chun jie). Perayaan tahun baru ini tentunya tidak bisa lepas dari segala mitos dan ritual yang melekat kuat di dalamnya.

Imlek 2560 dilambangkan dengan shio Kerbau, yang banyak orang berpendapat kurang membawa keberuntungan. Menurut perhitungan nenek moyang, pada tahun kerbau ini, ada beberapa shio yang harus diwaspadai, karena akan mengalami ketidakberuntungan (qiong). Sebut saja shio kerbau, kambing, anjing, dan naga adalah shio yang akan mengalami qiong besar, sementara shio ayam, babi, dan ular akan mengalami kesialan kecil.

Pada dasarnya shio apa pun pasti mengalami kendala, hanya ramalan itu sekadar untuk mengingatkan kita agar berhati-hati dan sabar. Karena itu, warga Tionghoa lebih mengutamakan sembahyang bersama keluarga. Terutama kalau masih ada orang tua, berkumpul di rumah orang tua minta maaf dan kemudian bersyukur dengan makan bersama.

Selamat Tahun Baru Imlek 2560

恭喜發財 聯年有餘


Text by: Tri Yuwono
Artwork by: Julian
Source: www.harian-global.com, Posted: Friday, 23 January 2009 22:46

Comments
2 Comments

2 comments:

1/26/2009 10:14 AM Darwis N. (Alum.1991 Fis) said...

In welcoming Chinese new year'09, my fren,
Mr.Ho Than Cia & his famliy will be visiting you. His children , Ho Un (Good Luck),
Ho Kun (Good Sleep), Ho Cia (Good Meal),
Ho sei (Very Good), Ho Xin Tey (Good Health),
Ho Kang Thao (Good Source) will join you to
usher new year & wishing you
"GONG XI FAT CHAI" Darwis & family.

2/01/2009 8:13 AM Wannan (Alum.1992, Fis.) said...

SELAMAT TAHUN BARU IMLEK BUAT SEMUANYA DAN SEMOGA DI TAHUN KERBAU INI REZEKI DAN KESEHATAN SERTA KESUKSESSAN SELALU MENYERTAI KITA .....

Post a Comment