GIMP - A Free Graphics Design Editor

GIMP adalah salah satu aplikasi editor grafis yang ditujukan untuk para desainer. Aplikasi ini memiliki tiga ciri utama yang membuat popularitasnya menanjak, yaitu freeware, opensource dan multi-platform (tersedia versi Windows, Mac dan Linux). Dilengkapi dengan fitur yang beraneka ragam, seperti ketersediaan plugin, filter, dan brush yang bertebaran di internet dari komunitas pendukung GIMP.

Meskipun GIMP sampai saat ini belum menjadi aplikasi yang bisa menggantikan aplikasi populer semacam Photoshop, tapi dari hari-ke hari pengembangan dari versi GIMP selanjutnya lebih mendekati tampilan maupun fungsi dari Photoshop. Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk membuat desain grafis, membuat logo, mengedit foto dan juga membuat animasi sederhana (memakai plugin GAP (GIMP Animation Package). Tapi, tetap saja banyak orang yang tidak familiar dengan aplikasi opensource ini, cara penggunaan yang berbeda membuat banyak orang sulit beralih dari Photoshop yang berbayar dan mahal.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan mengunjungi situs resmi GIMP di www.gimp.org Untuk melakukan download gratis software GIMP, silakan klik disini

Sumber: Udaramaya By: Aerialsky. Posted: Jumat, 10 April 2009, 07:08

Comments
5 Comments

5 comments:

4/13/2009 5:43 PM Wiwi Ramayani said...

Julian, Apakah dgn kata lain, GIMP ini lbh canggih dari photoshop?

4/13/2009 7:12 PM Julian (Fis.1991) said...

Hal ini cukup relatif, tergantung juga dari segi kebiasaan dalam aplikasi. Mungkin dari segi tertentu, GIMP memiliki fitur yg lebih unggul dari Photoshop, namun dari segi yg lain, Photoshop justru lebih baik. Intinya adalah GIMP muncul sebagai solusi alternatif terhadap graphis editor yg selama ini didominasi oleh produk Adobe, dan yg paling penting adalah GIMP merupakan freeware, opensource dan multiplatform

4/13/2009 9:38 PM Johnvic P Lukman (Sos1991) said...

Thanks Julian atas informasinya, sebenarnya Hang Kesturi ini banyak menetaskan orang orang yg pandai dan berbakat, tanpa kita sadari sewaktu sama2 duduk di bangku sekolah dulu.
Apabila sumberdaya ini dpt dimanfaatkan dgn tepat, mungkin dpt bermanfaat bagi orang lain.
Contohnya kawan kita Julian, Erwin, Rudianto, Wiwi, dan banyak lagi yg tdk dpt disebutkan satu persatu.
Saya mengharapkan kontribusi dari kawan kawan lainnya untuk menyumbangkan ide2 atau pikiran2 yg dapat bermanfaat di blog ini, karena saya yakin banyak teman2 yg lain yg tdk kalah berbakat dan pandai.
Salam persahabatan.

4/13/2009 11:47 PM Darwis N. (Alum.1991 Fis) said...

yg namanya free pasti sy mau.
di download dulu deh. thanks.

4/14/2009 8:20 AM Wiwi Ramayani said...

nah...darwis gitu lor, yang namanya free langsung sabet, mesti dipelajari dulu dong, haih...

Post a Comment