MEMPERINGATI 70 TAHUN PERANG DUNIA II

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Jumat (14/8) menyampaikan duka mendalam bagi para korban dan keluarganya semasa Perang Dunia II dan berjanji bahwa Jepang tidak akan pernah lagi menggunakan kekuatan senjata untuk menyelesaikan sengketa internasional. 


Namun PM Abe meminta generasi masa depan di Jepang tidak harus selalu meminta maaf atas kesalahan masa lalu.
Memperingati 70 tahun berakhirnya Perang Dunia II, PM Abe juga menyatakan dirinya mengulangi kembali permintaan maaf pemerintah sebelumnya atas PD II yang memakan banyak korban jiwa. 
Namun PM Abe sendiri tidak menyampaikan permintaan maaf baru kepada publik.

Warisan perang masih menghantui hubungan Jepang dengan Tiongkok dan Korea Selatan, yang banyak menderita di bawah penjajahan Jepang pada era PD II silam.
Jepang menyerah dalam PD II pada 15 Agustus 1945. Tiongkok dan Korsel menginginkan agar PM Abe tetap berpegang pada permohonan maaf sepenuh hati dari mantan PM Tomiichi Murayama pada tahun 1995 lalu.
"Kepada orang-orang tak bersalah yang mengalami penderitaan dan kerusakan tak terhitung akibat negara kami. Ketika saya merenungkan fakta jelas ini, bahkan sekarang, saya mendapati diri saya kehabisan kata-kata dan hati saya dipenuhi duka mendalam," ucap PM Abe dalam pidatonya.
"Di Jepang, generasi pasca perang sekarang melebihi 80 persen dari populasi. Kita seharusnya tidak membiarkan anak-anak kita, cucu kita, dan bahkan generasi mendatang, yang tidak ada kaitannya dengan perang itu, ditakdirkan minta maaf. 
Namun demikian, kami bangsa Jepang, lintas generasi harus menghadapi sejarah masa lalu," imbuhnya.
Pernyataan PM Abe ini akan dianalisis dengan jelas oleh Tiongkok dan juga Korsel, maupun oleh sekutunya, Amerika Serikat yang menginginkan ketegangan di Asia Timur diakhiri.
Para pengamat sendiri menyebut sosok PM Abe sebagai sosok revisionis yang ingin mengingkari sisi gelap Jepang pada zaman perang.
Dalam pernyataannya, PM Abe juga menyebutkan penderitaan Tiongkok pada masa perang dan mengharapkan agar Tiongkok bisa menyadari perasaan Jepang yang sebenarnya. PM Abe juga berharap bisa bertemu dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping jika memungkinkan. (Rtr/es)

Sumber: http://analisadaily.com/index.php/mancanegara/news/pm-jepang-sampaikan-duka-mendalam/161186/2015/08/15

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment