JEPANG PERINGATI 70 TAHUN PENGEBOMAN HIROSHIMA

Jepang, Kamis (6/8), memperingati 70 tahun serangan bom atom yang membantu menghentikan Perang Dunia II, tetapi masih ada perbedaan pendapat hingga hari ini apakah perusakan seperti itu bisa dibenarkan.

Perdana Menteri Shinzo Abe dan utusan negara-negara asing hadir di antara ribuan orang yang berkumpul di Taman Kenangan Perdamaian untuk mengheningkan cipta tepat pukul 08.15 waktu setempat, yaitu waktu ketika bom atom dijatuhkan di kota bagian barat Jepang yang segera berubah menjadi lautan api, pada 6 Agustus tahun 1945.
Walikota Hiroshima --kini kota yang sibuk, Kazumi Matsui mengatakan, senjata nuklir adalah "kejahatan yang nyata" dan mendesak dunia untuk mengakhiri pemakaiannya selama-lamanya.
"Kita harus mengakhiri kejahatan yang nyata dan kekejaman yang luar biasa yaitu senjata nuklir. Kini saatnya untuk mengambil tindakan," katanya dalam pidato tahunan.
Sebuah pesawat pengebom Amerika B-29 yang bernama Enola Gay menjatuhkan bom atom yang dijuluki "Bocah laki-laki kecil" ke Hiroshima pada 6 Agustus 1945. Hampir seluruh tempat di lokasi jatuhnya bom terbakar habis oleh suhu yang mencapai 4.000 derajat celsius di daratan, yaitu panas yang mampu melelehkan baja.
Sekitar 140.000 orang diperkirakan kehilangan nyawanya akibat serangan itu, termasuk beberapa dari korban luka yang kemudian meninggal beberapa hari hingga bulan kemudian akibat terpapar radiasi.
Pada 9 Agustus, kota pelabuhan Nagasaki juga mendapat serangan bom atom yang menewaskan sekitar 70.000 korban.
Jepang menyerah kalah beberapa hari kemudian yaitu pada 15 Agustus 1945, yang berakibat membubarkan perang.
Abe meletakkan karangan bunga duka pada upacara yang juga dihadiri Duta Besar AS untuk Jepang Caroline Kennedy dan sejumlah pejabat lainnya.
Menteri Muda pengendalian senjata, Rose Gottemoeller juga dijadwalkan untuk hadir sebagai pejabat tertinggi yang dikirim dari Washington untuk mengikuti upacara tahunan tersebut. Debat pendapat terus bergulir mengenai apakah serangan bom kembar itu dapat dibenarkan.
Para ahli sejarah mengatakan bahwa hal itu mencegah serangan yang lebih besar dalam rencana penyerbuan darat, tetapi banyak kecaman yang menyatakan bahwa serangan itu sebenarnya tidak diperlukan untuk mengakhiri perang dengan alasan Jepang sudah menuju kekalahan.
Menjatuhkan bom yang dikembangkan dan dibuat secara rahasia, sangat terkenal di antara warga Amerika yang bosan perang saat itu, dan setelah 70 tahun, sebagian besar dari mereka masih yakin bahwa tindakan tersebut adalah benar.
Lima puluh enam persen warga AS yang disurvei oleh Pew Research Center pada Februari menyatakan serangan bom atom ke kota-kota Jepang itu dapat dibenarkan, sedangkan 79 responden Jepang menyatakan sebaliknya. (Ant/AFP)
Sumber: http://analisadaily.com/mancanegara/news/jepang-peringati-70-tahun-pengeboman-hiroshima/158550/2015/08/07

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment