ASAL MOBIL

Jika ingin berpergian beramai-ramai dengan teman maupun dengan keluarga, lebih nyaman jika menggunakan mobil. Kendaraan roda empat ini memang dapat menampung cukup banyak orang. Belakangan, perkembangan mobil kian cepat. Bukan hanya sebagai alat transportasi, kini mobil pun sudah menjadi gaya hidup. Tapi tahukah Anda, ternyata mobil diadaptasi dari hadirnya kereta kuda?

Bentuk kereta kuda yang dilengkapi dengan ban menjadi inspirasi bagi Nicolas-Joseph Cugnot asal Prancis untuk membuat kendaraan yang bergerak dengan mesin uap. Ini terjadi pada kisaran waktu tahun 1769. Saat itu, Cugnot membuat kendaraan bertenaga mesin uap yang bergerak dengan tiga ban. Pertama kali, penemuan Cugnot dianggap aneh oleh masyarakat di daerahnya. Kemudian penemuan Cognot diteruskan oleh warga Britania Richard Trevithick pada tahun 1801. Kendaraan mesin uap mengalami perkembangan lebih pesat saat dikembangkan oleh Lunar Society, Brimingham, Inggris.

Mobil pertama yang menggunakan bahan bakar bensin dibuat pada tahun 1886 oleh Carl Benz di Mannheim. Kemudian di waktu yang hampir bersamaan Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach dari Sttugart juga membuat mobil dengan bahan bakar bensin. Di Amerika Serikat, paten mobil pertama diberikan kepada Oliver Evans pada tahun 1789.

Pada tahun 1902, produksi besar pembuatan mobil dilakukan oleh Oldsmobil. Perkembangan teknologi otomotif berkembang sangat cepat pada pertengahan tahun 1920-an yang disebabkan oleh banyak pembuat mobil kecil bersaing untuk meraih perhatian dunia. Pada tahun 1930-an jumlah produsen mobil berkurang drastis. Barulah pada tahun 1960-an saat harga barang-barang elektronik cukup murah untuk diproduksi massal, mobil dan berbagai inovasi berkembang kembali.

Kini kendaraan roda empat yang dapat menampung beberapa orang di dalamnya bukan hanya memberikan rasanya nyaman saat berpergian, namun sudah menjadi gaya hidup bagi pemiliknya. Mobil dapat dimodifikasi sesuai tren yang ada dan selera si pemilik.

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment