Menampilkan sebagian isi artikel dengan code HTML


Bagi yang sering menulis dan mempublikasikan sebuah artikel, tentunya pernah mengalami penulisan artikel yang panjang dengan memuat banyak informasi atau penjelasan dan foto-foto file yang relatif besar (diatas 500-1000KB) sehingga menyebabkan tampilan post yang panjang dan penuh sesak, selain itu juga dapat memperlambat loading saat kita mengakses blog tersebut.

Disini akan dijelaskan tentang cara untuk menampilkan bagian awal dari isi artikel, misalnya hanya menampilkan paragraf pertama ataupun sebagian kalimat awal dari keseluruhan artikel dan menyembunyikan sisa artikel dengan dukungan sebuah link "Baca Selengkapnya". Dengan demikian tampilan post akan terlihat lebih singkat dan akurat, dan bagi yang ingin meneruskan membaca artikel tersebut dapat mengakses link yang dimaksud untuk menampilkan keseluruhan isi artikel.

1. Sign-In ke blogger dengan Google account dan password anda.
2. Klik New Post untuk mulai menulis sebuah artikel.


3. Pilih tab Edit Html, maka akan tampak code seperti diatas


4. Letakkan abstraksi posting atau artikel yang akan ditampilkan di halaman utama (sebelum link tulisan "Baca Selengkapnya" diatas kode ini :
sementara sisa keseluruhan artikel diletakkan di antara kode : dan

5. Pada bagian Label for this post, masukkan sebuah Tag (kata) yang berkaitan dengan isi artikel. Misalnya pada contoh ini kita menggunakan tag: blogger tips


6. Tampilan Post pada halaman utama blog.

Comments
2 Comments

2 comments:

11/08/2010 3:35 PM Hasan Basri said...

Mantap..!! saya ingin berbagi informasi ini dengan yang lain dan akan mengikut sertakan halaman blog ini sebagai sumber nya, Boleh kah,,??

12/02/2011 4:21 PM The Ozonu said...

nice info..

Post a Comment