KATA PERTAMA BAYI

Senang rasanya jika bayi sudah mulai mengucap kata-kata. Suaranya terdengar begitu manis. Apakah Anda memperhatikan jika bayi kata pertama yang diucapkan kebanyakan "mama" atau "papa"? Ternyata kata "mama", "papa", atau sejenisnya merupakan kata yang terstruktur yang paling sederhana untuk diucapkan para bayi karena

Berdasarkan penelitian dari Universitas British-Columbia yang dipublikasikan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences, pengulangan suku kata mudah direspon oleh otak bayi sehingga kata pertama bayi yang keluar adalah "mama", "papa", atau sejenisnya.

Para peneliti melakukan penelitian pada 22 bayi yang baru saja berusia 2-3 hari. Kemudian pada bayi-bayi yang diamati, diperdengarkan kata-kata pengulangan seperti mubaba dan penana. Kemudian diperdengarkan juga kata yang bukan pengulangan seperti mibage dan penaku. Ternyata saat kata pengulangan diperdengarkan, otak bayi di bagian temporal dan frontal kiri bereaksi. Sedangkan saat kata yang tidak mengandung pengulangan diperdengarkan, tidak ada respon dari bagian otak bayi yang dominan.

Hasil penelitian ini juga sama dengan fakta dimana pusat bahasa pada orang dewasa yang tidak kidal berada di otak kiri. Tentu saja kesimpulan penelitian ini mengindikasikan bahwa kata pengulangan merupakan sifat dasar otak manusia. Jadi, kenalilah bayi Anda dengan kata-kata pengulangan agar lebih cepat untuk mengenal bahasa ibu.

Comments
2 Comments

2 comments:

9/06/2008 7:50 PM Johnvic P Lukman (Sos1991) said...

maksud kata2 pengurangan spt cece meme gitu ya? ha ha......memang banyak belajar di blog ini

9/06/2008 10:19 PM Darwis N. (Alum.1991 Fis) said...

maksudnya mam mam (makan) kayak hobi ketua kita ya?

Post a Comment