Ikan Rebus dan Panggang Cegah Stroke

Mengonsumsi ikan memang menyehatkan. Sebab, menurut banyak penelitian, ikan banyak kandungan omega 3. Namun tentu saja rasanya tidak lezat jika ikan mentah dikonsumsi. Maka, kebanyakan orang akan menggoreng, memanggang, atau merebus ikan dengan diberi bumbu sehingga rasanya makin lezat. Tapi, tahukah Anda, jika mengolah ikan dengan cara direbus atau dipanggang akan jauh lebih berkhasiat?

Berdasarkan hasil studi yang dilakukan Dr. Jyki K Virtanen dan kawan-kawan dari Universitas Kuopio, Finlandia, ikan yang diolah tanpa digorang akan mengurangi risiko stroke. Mereka melakukan penelitian terhadap para orang lanjut usia. Lansia itu mengkonsumsi ikan tanpa digoreng dan hasilnya, risiko kerusakan otaknya lebih rendah sehingga stroke pun lebih dapat dihindari.

Studi dilakukan terhadap 3.660 orang yang berusia 60 tahun ke atas. Bagi mereka yang menyantap ikan dibakar atau direbus sedikitnya tiga kali seminggu, berisiko lebih kecil terkena kerusakan jaringan otak dibandingkan dengan mereka yang jarang mengonsumsi ikan.

Nah, sudah makan ikankah Anda hari ini? Jangan lupa, direbus atau dipanggang lebih baik daripada digoreng ya....

Comments
1 Comments

1 comments:

9/01/2008 8:52 PM Darwis N. (Alum.1991 Fis) said...

Kalau gitu berarti setiap kita ketemu waktu makan harus ada hidangan ikan dong.

Post a Comment