Di Indonesia, Friendster Masih Nomor Satu

Jika selama ini banyak yang mendengungkan kalau situs jejaring sosial terpopuler di dunia adalah Facebook. Lalu bagaimana dominasinya di Indonesia? Ternyata dari hasil survei yang dilakukan oleh perusahaan marketing research, TNS Indonesia mengungkapkan, kalau Facebook masih kalah bersaing dengan kompetitornya, Friendster. Situs yang berbasis di California, Amerika Serikat, tetap menancapkan hegemoninya di Tanah Air.

"Dari hasil survei yang kami lakukan, Friendster masih menempati posisi teratas dengan 92 persen. Sedangkan Facebook hanya menempati posisi ketiga, dengan raihan 27 persen," terang Suresh Subramanian, Deputy Managing Director, TNS Indonesia, usai pemaparan bersama dengan Yahoo tentang studi pengguna internet di kota besar di Indonesia, di Hotel Le Meredien, Jakarta, Jumat (20/3/2009).

Lebih lanjut Suresh mengatakan, kalau belum tergesernya Friendster dari posisi situs jejaring populer di Tanah Air, lebih disebabkan karena Friendster lebih dahulu hadir di ranah maya Tanah Air. Apalagi, kebanyakan dari pengguna situs jejaring sosial ini menyasar kelompok yang berbeda.

"Facebook itu untuk kalangan menengah, sedangkan Friendster dipakai benar-benar oleh para anak muda," tandasnya.

Survei ini sendiri dilakukan di beberapa kota besar seperti, Jakarta, Botabek, Surabaya, Bandung, Medan, Semarang, Palembang, dan Makasar, dengan menggunakan metode langsung door-to-door, dalam bentuk pertanyaan yang terstuktur.

Sayangnya, TNS belum bisa menjelaskan secara detil, mengenai presentase distribusi pengguna situs pertemanan ini di setiap daerahnya. (srn)

Sumber: techno.okezone.com, Posted: Jum'at, 20 Maret 2009 - 12:13 wib, By:Susetyo Dwi Prihadi.

Comments
3 Comments

3 comments:

3/22/2009 8:25 PM Darwis N. (Alum.1991 Fis) said...

Kalau sy pilih facebook deh

3/22/2009 10:19 PM Erwin Kosiman ('91/Bio-1) said...

Kalo semuanya pilih facebook blog AHK jadi sepi dong....

3/23/2009 12:26 AM Darwis N. (Alum.1991 Fis) said...

Kalau gitu jalan bersamaan aja agar lebih seru.

Post a Comment