The Power of Social Networking


Teman-teman sekalian pasti sudah tidak asing lagi dengan situs jejaring sosial semisal Friendster & Faceboook? Situs jejaring sosial ini sedemikian populer sehingga terasa aneh bila kita masih belum memiliki salah satu account Friendster atau Facebook.

Pernah suatu kali, sewaktu mengantar anak di sekolah, dari kumpulan ibu-ibu siswa yang sedang gosip terdengar pertanyaan dari satu ibu ke ibu lainnya, “Masa kamu tidak punya account Friendster sama sekali? ”

Awalnya saya sedikit geli mendengar percakapan seperti itu karena menurut saya ibu-ibu ini sedikit kegenitan, masa sih ibu-ibu masih main Friendster, seperti anak muda saja. Tapi beberapa saat kemudian saya sadar, hey guys ibu-ibu ini kan juga manusia, selain sibuk dengan kegiatan rutin mengurus keluarga sehari-hari tentu juga membutuhkan wahana untuk berinteraksi dengan keluarga/ teman-teman, paling nggak sekedar buang stress lah J. Lagian saya pikir ibu-ibu ini belum tua-tua banget, masih ada juga kok yang kelihatan cantik & sexy, meskipun siapa tahu sudah punya anak tiga LOL.

Sebegitu pentingkah situs jejaring sosial ini buat kita? Well, jawabannya adalah relatif, tergantung bagaimana kita memanfaatkan jejaring sosial ini. Sebagian sekedar buat hiburan dan sebagian lagi mungkin addicted alias ketagihan dan saya percaya Erwin Kosiman termasuk salah satu yang addicted J.

Tidak sedikit yang memanfaatkan situs jejaring sosial sebagai media bisnis, kampanye dan lainnya. Menurut saya semua itu sah-sah saja, sudah umum bila kita ketemu teman-teman pasti membicarakan mengenai kondisi terkini, keluarga, anak-anak, dan rentetannya semisal bisnis, karier, dsb, sepanjang kita saling menghormati, tidak menyinggung perasaan atau privacy seseorang, why not? Peran dari admin juga sangat penting disini, untuk memastikan segala sesuatunya berjalan dengan baik dan lancar.

So, situs jejaring sosial mana yang paling unggul? Dari artikel bro Julian yang berjudul “Di Indonesia, Friendster masih Nomor Satu” , kita tahu Friendster masih paling disukai di Indonesia khususnya buat kalangan anak-anak muda, disusul Facebook di tempat ketiga untuk kalangan menengah , tempat kedua?

Mungkin saat ini HK Blog masih kalah jauh dengan Friendster dan Facebook, tapi bila kita mau dan serius HK Blog bisa menjadi the Next Hottest Social Networking, paling nggak buat ukuran lokal J. Begini penjelasannya, asumsi dengan perhitungan matematika sederhana :

Jumlah alumni selama 18 tahun ini dengan rata-rata 5 kelas/tahun dan 50 alumni/kelas, 18 x 5 x 50 = 4500 alumni, dengan prediksi penambahan 5 x 50 = 250 alumni baru tiap tahunnya.

  • Mungkin angka itu tidak begitu berarti buat kita-kita, tapi coba kita tanyakan kepada Janlie. Bila ada 4500 suara untuk Janlie pada pemilu mendatang, apakah angka ini cukup berarti? Daripada memilih orang lain sebagai caleg mending pilih teman kita sendiri kan? 4500 suara itu belum final, bisa saja ditambah dengan suara suami/istri, keluarga, teman-teman dari alumni itu sendiri. Tidak perlu susah-susah cetak spanduk, cukup mejeng di HK Blog.
  • Melihat kasus Janlie, bisa-bisa pemilu mendatang Darwis ikutan mau jadi caleg juga J.
  • Tanyakan kepada Suwandy, bagaimana rasanya bila 4500 orang beli MenTalk atau B & H Detox? Yang jelas Suwandy akan makin lebih sering ketawa-ketawa sendiri J.
  • Bagaimana dengan Julian bila mendapat 4500 order design, bisa-bisa lembur terus dan HK Blog bakalan kagak di update-update lagi LOL
  • Bila ada kegiatan amal/sosial, dengan bantuan dari 4500 orang tentu jauh lebih mudah bukan?
  • Job posting dari alumni yang sudah berhasil mungkin bisa membantu teman-teman lain yang kehilangan pekerjaan.
  • Bila ada keluarga kita sakit dan membutuhkan bantuan biaya atau darah, mungkin HK Blog bisa sangat membantu, dengan cepat dan efisien tentunya.
Itu hanya beberapa contoh sederhana betapa jejaring sosial memiliki kekuatan yang tidak kecil. Yang perlu kita lakukan hanyalah mencoba merangkul semua pihak, reuni alumni ’91 adalah langkah awal yang sangat penting, tugas selanjutnya mungkin menggabungkan semua alumni dalam wadah yang sama, dengan bersatu kita akan makin kuat.

Secara teknis, HK Blog juga masih terdapat banyak potensi yang bisa ditingkatkan supaya user makin setia. Mungkin dengan menambah fitur-fitur seperti yang ada di Friendster,Facebook,Twitter atau inovasi sendiri, who knows?

Dan yang terakhir, berapa total teman yang sudah anda miliki dengan account Friendster/Facebook anda? Berapa teman yang bisa anda miliki dengan HK Blog? Dengan menjawab pertanyaan diatas Anda akan tahu potensi sesungguhnya dari HK Blog.

Good luck HK Blog team.

Comments
7 Comments

7 comments:

3/23/2009 12:30 PM Erwin Kosiman ('91/Bio-1) said...

Selamat bergabung di blog AHK buat bro Rudiyanto,posting anda sangat menarik sekali,terima kasih.........

3/23/2009 2:27 PM Wannan (Alum.1992, Fis.) said...

emang mamak mamak sekarang pun kagak mau ketinggalan teknologi lah apalagi mamk mamak muda kalian lihat lah pegangannya BB semuannya sambil nunggu anak sambil chatting lah...mantapsssss

3/23/2009 3:30 PM Julian (Fis.1991) said...

Mantap bro, artikel ini begitu inspiratif dengan didukung oleh analisis dan stimulasi yang sangat objektif. Salut! Spectaculer! Semoga artikel yang penuh dengan semangat dedikasi ini dapat menggugah hati seluruh alumni Blog HK, kita doakan.

3/23/2009 4:12 PM Darwis N. (Alum.1991 Fis) said...

Namanya jaman canggih, mamak jg ngak mau ketinggalan tuh.
Mungkin mamak lg melacak posisi suaminya dgn menggunakan fasilitas GOOGLE MAPS.

3/23/2009 6:05 PM Suwandy said...

Keluar juga pakar internet KITA dari pertapaan
selamat bergabung...........

3/23/2009 9:46 PM Johnvic P Lukman (Sos1991) said...

Maaf ya kawan-kawan, saya bukan mau merendahkan atau memuji postingan, tapi menurut saya ini adalah postingan terbaik di Blog ini, cukup kompeten, kuat analisanya, berpendidikan dan sangat intelek.
Selamat Bro Rudianto, semoga dengan bergabung di Blog saya yakin akan banyak memberi masukan dan ide2 yg membangun blog ini.
Thanks

3/23/2009 10:55 PM Ratna (Sos 1991) said...

Hai...akhirnya Blog AHK kita makin hari makin mantap aja ya,siiiip deh....untuk jangka panjang,jadi kita ngak ketinggalan informasi,soalnya kita bisa dpt buanyak tips bagus&info yg up to date...di blog ini...,mau nyari mangsa juga bisa kan bro DARWIS? he.he.he.

Post a Comment